Informasi Kegiatan

Kegiatan yang dilakukan TJSL CP, yaitu pendataan/penelitian distribusi-populasi-habitat-perilaku, & penyadartahuan kukang jawa (kuja) melalui kunjungan sekolah-kampanye edukatif melalui internet, & produk suvenir, & Ekoturisme.

1. Pendataan/penelitian distribusi-populasi-habitat-perilaku
2. Penyadartahuan melalui kunjungan sekolah-kampanye edukatif melalui internet, & produk suvenir
3. Ekoturisme

Kegiatan Program Tasikmalaya & Ciamis (2007-2008)

Survey diawali sejak Oktober 2006 dan resmi dimulai Juli 2007. Saat itu Winar selaku Principal Investigator (peneliti utama) berhasil mendapat dukungan dana program dari The Rufford Small Grant. Sejak saat itu secara resmi TJSL CP mulai berlangsung. Terima kasih kami tak terhingga atas kepercaayan The Rufford Maurice Laing Foundation kepada Winar (tim TJSL CP) sehingga kegiatan pelestarian kuja dapat diinisiasi & berjalan hingga sekarang.

Kegiatan yang dilakukan antara lain:


- Penelitian distribusi kuja di Tasikmalaya & Ciamis, fokus pada lima lokasi: Desa Sukamaju-Sarimanggu-Kawungsari-Raksajaya (Tasikmalaya) & Desa Sukakerta (Ciamis)

- Pelatihan teknik penelitian (dua tahap) kepada anggota tim TJSL CP

- Penyadartahuan di lima lokasi tersebut: weblog kukang jawa, kunjungan sekolah & pembuatan material awareness serta suvenir

Di tengah-tengah program, penelitian dikembangkan menjadi penelitian populasi & habitat kuja sejalan dengan tesis Winar di Program Magister Primatologi IPB (masih berlangsung). Dukungan dana berhasil dia dapatkan dari IAR-Indonesia. Terima kasih dari kami untuk IAR.. (Dr. Karmele dkk). Program penelitian ini berhasil mengantarkan Vina, mahasiswi Biologi Universitas Assafiiyah Jakarta menyelesaikan tugas skripsinya, Alhamdulillah (semoga cepat lulus ya_RED.).

Penelitian semakin dikembangkan temanya menjadi peneltian perilaku & jelajah malam kuja dengan lokasi di Desa Sukakerta Ciamis. Penelitian ini juga terbuka bagi mahasiswa yang akan melakukan tugas akhir (detil agenda-prosedur-metode silahkan kontak Winar di Kontak kami).

Kegiatan Ekoturisme

Kegiatan ini sudah mulai kami rancang sejak awal survey kuja. Kini tiap anggota tim TJSL CP & peserta yang telah mengikuti pelatihan teknik penelitian kuja dapat melakukan asistensi (menjadi guide dan asisten lapangan) bagi kegiatan jalan-jalan, fotografi/sinematografi, & penelitian yang berhubungan dengan alam & satwa liar terutama kuja (Kontak kami).




No comments:

(lagi) Mengapa Kita TIDAK BOLEH MEMBELI & MEMELIHARA KUKANG

Tulisan yang tertuang karena gemas dengan alasan para penyayang hewan kukang Hampir empat tahun perjalanan kami berkukang-ria, sepenuh hati...